ANALISA SISTEM RESERVASI SEWA KAMAR HOTEL MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN WATERFALL

1. RESERVASI

Reservasi adalah suatu  proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu. Seluruh permintaa pemesanan kamar ini akan ditangani oleh petugas reservasi dengan mempertimbangkan keberadaan kamar pada saat itu.

Bagian pemesanan kamar merupakan bagian yang memiliki fungsi yang sangat vital, ini dikarenakan tinggi rendahnya tingkat hunian kamar sangat ditentukan oleh kemampuan bagian reservasi di dalam menangani pemesanan kamar di hotel. Seorang petugas reservasi harus memiliki kemampuan tentang dasar-dasar reservasi, produk dan jasa yang dijual, bagaimana menjualnya atau teknik menjual, serta penggunaan teknologi

Sistem informasi reservasi sewa kamar Hotel adalah sistem informasi yang akan membantu proses pengolahan data pemesanan kamar hotel sesuai dengan tanggal check-in check-out pelanggan.

2. PENGEMBANGAN SISTEM

Metode pengembangan yang digunakan adalah model waterfall. Model waterfall merupakan salah satu model proses yang mengambil kegiatan proses dasar seperti spesifikasi, pengembangan dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian, dan seterusnya (Sommerville, 2000).

2.1 Waterfall

• Disebut juga siklus klasik (1970-an) dan sekarang ini lebih dikenal dengan

sekuensial linier

• Membutuhkan pendekatan sistemstis dan sekuensial dalam pengembangan

• Dimulai dari analisis, desain, coding, testing dan pemeliharaan.

2.2 Alasan menggunakan waterfall

Alasan menggunakan metode waterfall karena menganggap metode ini paling kompleks dan paling cocok jika diterapkan pada sebuah Sistem Informasi Web.

2.3 Tahapan watrefall

  • Rekayasa sistem & analisa

Pembentukan kebutuhan dari semua elemen sistem dan menganalisa kebutuhan keinginan user. Meliputi I/O, waktu pengerjaan , ukuran dan jumlah data yang ditangani.

  • Analisa kebutuhan sistem dan s/w

Proses menentukan arsitektur sistem secara total dan menentukan ukuran data dan jumlah data.

  • Design

Menentukan dasar-dasar pembentukan dan pemilihan struktur data, strukrtur program, arsitektur program, pemilihan algoritma, intereksi dgn user.

  • Coding

Mentrasformasikan desain kedalam baris-baris program, pemilihan bahasa.

  • Testing

Pengujian kebenaran program, error debugging.

  •  Maintenance

Perawatan s/w agar dapat digunakan trus.

 

3. INTERFACE DARI SISTEM

3.1 FORM RESERVASI

Form ini digunakan untuk melakukan reservasi kamar di hotel secara online melalui internet. Setelah pengguna memasukkan setiap data yang diminta, maka sistem akan memproses data tersebut dan memasukkannya ke basis data. Jika ada kesalahan input maka sistem akan menampilkan pesan error. Untuk reservasi, sistem melakukan pemeriksaan apakah tipe kamar yang dipesan oleh pelanggan untuk tanggal tertentu dan jumlah tertentu tersedia atau tidak.

3.2 FORM CHECK-IN

Form ini digunakan untuk memasukkan data tamu yang check–in dan kamar yang dipesannya ke dalam basis data. Data check-in tersebut dapat secara otomati diambil dari data reservasi dengan memasukkan ID Reservasi sehingga staf hotel tidak perlu mengetikkan kembali data tersebut ke dalam sistem.

3.3 FORM CHECK-OUT

Form ini digunakan ketika tamu akan check-out. Proses check out dapat dilakukan berdasarkan nomor kamar atau ID tamu. Jika berdasarkan ID tamu, maka jik tamu tersebut memesan lebih dari 1 kamar, sistem akan memperhitungkan semua kamar yang dipesan termasuk dengan pengurangan uang muka yang sudah dibayarkan. Jika berdasarkan nomor kamar, maka proses check-out hanya dilakukan untuk nomor kamar tersebut.

3.4 FORM REGISTRASI KAMAR

Form ini digunakan untuk menambahkan data kamar baru ke dalam basis data. Dapat dispesifikasikan tipe kamar dan statusnya.

3.5 FORM LAPORAN TAMU HOTEL DAN PENGGUNAAN KAMAR

Form ini digunakan untuk menghasilkan laporan total jumlah tamu yang check-in, jumlah tamu yang masih check-in, dan jumlah penggunaan per tipe kamar per bulan.

4. KESIMPULAN

  • Sistem dapat menyimpan dan menampilkan data reservasi yang dimasukkan oleh pengguna secara online.
  • Sistem dapat mendeteksi kesalahan yang dilakukan oleh pengguna dalam mengisi form regristrasi sehingga data yang masuk ke dalam sistem adalah data yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh hotel.
  • Sistem menyediakan form check-in yang terintegrasi dengan reservasi dimana data tidak perlu dimasukkan dua kali oleh staf sehingga proses check-in menjadi lebih cepat dan tepat
  • Sistem menyediakan form check-out yang terintegrasi dengan check-in dimana kalkulasi harga yang harus dibayar oleh pelanggan dapat otomatis ditampilkan sehingga mengurangi human error dalam perhitungan
  • Sistem menyediakan beberapa laporan yang dapat digunakan oleh manajemen hotel untuk mengetahui keadaan hotel (jumlah reservasi, ketersediaan kamar, daftar pembatalan reservasi, laporan pendapatan, dll.) dan merencanakan pengembangan ke depannya
5. SARAN

Pengembangan sistem ke depannya diharapkan:

  • Dapat terintegrasi dengan fasilitas hotel lainnya sehingga pada saat pembayaran, biaya telpon/room service dapat dimasukkan.
  • Memiliki tingkat sekuritas yang lebih tinggi (bukan hanya sebatas login)
About these ads